Skip to main content

Undangan Blangko, Undangan Cetak Digital, dan Undangan Digital, Apa sih bedanya? Yang mau hajatan harus tau ini!

Banyak dari kita  yang tidak tau banyak tentang dunia percetakan, khusus yang buat mau buat acara hajatan harus tau macam-macam jenis undangan untuk bisa menentukan budget yang sesuai dengan kemampuan kita.

1. Undangan Blangko
Undangan blangko adalah undangan kosong yang belum ada tulisannya, namun sudah ada ornamen atau hiasannya. Jadi desain undangan sudah ditentukan dari pabrikannya.

 Contoh gambar undangan blangko kosong
https://www.tokopedia.com/cetaksuka-suka/blanko-undangan-erba-88175
Jasa penyedia undangan tugasnya adalah hanya mengisi tulisan sesuai dengan keinginan pelanggannya. Bagi teman-teman yang ingin meletakkan foto diundangannya juga bisa, pintar-pintar mencari desain blangko yang sesuai dan mengatur tata letaknya saja. Cetak tulisan dan foto pada undangan blangko bisa menggunakan printer biasa.  

Undangan blangko yang sudah diisi tulisan
https://www.rajaprint.online/2007/04/erba-era-baru-88175.html

Untuk harga undangan blangko kosong sangat terjangkau. Dengan harga 30 ribuan, teman-teman sudah bisa mendapat 100 lembar undangan blangko kosong. Tentu harganya variatif tergantung desainnya. Namun dengan harga dibawah 50ribu, desain undangan blangko kosong sudah sangat bagus dan banyak pilihan. Disarankan teman-teman belinya di toko kertas ya, biasanya mereka mempunyai koleksi semacam buku album gitu. Jadi teman-teman bisa leluasa untuk menentukan pilihan.
Undangan blangko kosong ini salah satu solusi buat teman-teman yang punya budget terbatas, kemampuan menggunakan software desain terbatas atau bahkan sama sekali belum belajar, namun menginginkan undangan yang ok punya. Caranya cukup scan dan isi saja undangan blangko ini menggunakan microsoft word atau powerpoint. Disarankan menggunakan powerpoint untuk memudahkan pengaturan tata letaknya. bagi teman-teman yang sudah bisa main software desain seperti corel, Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator bakal lebih mudah lagi.
Untuk undangan blangko jangan minta versi vectornya ya, karena abang-abang atau mbak-mbak penjualnya hanya menyediakan kertas πŸ˜„

2. Undangan Cetak Digital
Undangan cetak digital adalah undangan yang desainnya bisa kita atur dan buat suka-suka kita dan di cetak di percetakan. Pada dasarnya undangan ini awalnya adalah kertas polos yang belum ada apa-apanya. Disini menuntut peran penting kita yaitu membuat desain dari awal. Kalau ke percetakan bisa juga sudah disediakan desain dari sananya. Jadi kita tinggal pilih saja desai yang kita inginkan, nanti akan ada operator yang akan membantu kita. Undangan cetak digital ini ada 2 macamnya.

Undangan monokrom yaitu undangan yang hanya memiliki 1 warna dengan dasar warna putih. Jangan karena namanya monokrom jadi hanya diartikan hitam putih ya guys, hanya persoalan penyebutan, bisa saja warna merah, hijau, biru, pink, kuning. Jadi hiasan dan tulisannya memiliki satu warna saja dengan background putih karena abang-abang percetakannya biasanya pake warna kertas polos putih. Mau teman-teman pake foto pun, warnanya harus satu warna dengan desain dan tulisannya, tidak boleh beda warna (titik). Bagaimana kalau beda warna karena pengaturan opacity? nah itu nggak apa-apa.

 Contoh undangan monokrom hijau pupus
http://www.poinundangan.com/2012/01/hijau-pupus.html

Harga cetak undangan monokrom perlembarnya Rp800-an. Kemungkinan akan berbeda-beda harga di setiap kota. Ukuran kertas juga bisa mempengaruhi harga.

Undangan full color yaitu undangan yang banyak memiliki warna didalamnya. Kita dibebaskan untuk menentukan warna sesuai dengan keinginan kita, warna pelangi juga boleh. teman-teman juga boleh memasukkan foto berwarna.
Contoh undangan full color
Harga cetak undangan full color lebih mahal dari undangan monokrom karena tinta yang digunakan lebih banyak. Ketajaman warna dan ukuran kertas akan mempengaruhi harga cetaknya. Harga cetak full color dan ukuran kertas yang standar Rp1500. Kemungkinan akan berbeda-beda harga di setiap kota.

Untuk desain undangan cetak digital yang disediakan dari percetakan (tidak buat desain sendiri), saya nggak ngerti boleh tidak dimintain soft file yang vector gitu. Kemungkinan sih tidak boleh ya, karena itukan salah satu aset mereka.

3. Undangan Digital
Undangan digital adalah undangan yang berupa gambar yang biasanya dikirim melalui sosial media. Undangan digital bisa jadi solusi untuk teman-teman yang tidak ingin mengeluarkan biaya banyak namun ingin undangannya tersampaikan. Undangan digital bisa jadi solusi yang efektif dan efisien, karena kita bisa langsung tahu undangan kita tersampaikan atau belum.
Untuk harga undangan digital sangat variatif tergantung bentuk dan formatnya. Saat ini tren sekali undangan dengan format video. Undangan dengan format gif  dan jpg bisa jadi pilihan juga.

 Undangan format gif
 Undangan format jpg

Undangan cetak digital dan undangan digital bisa sama desainnya apabila memang desainnya buat sendiri.

Harga yang saya ceritakan diatas adalah harga percetakan ya guys, kalau teman-teman datengnya ke orang yang biasa bikin undangan, harganya bakal lebih mahal dari yang saya sebutkan. Kenapa? Kan ada ongkos jalan, bensin, ditambah beli plastik dan label undangan, apalagi kalau buat desain sendiri yang memungkinkan desain undangan nggak akan sama dengan yang lainnya.

Baca juga Mengapa undangan digital penting di zaman now?

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Undangan Digital Penting Di Zaman Now?

Yang saya sadari ternyata jaman sekarang undangan digital tuh penting banget, kenapa? setidaknya alasan-alasan ini yang membuat saya meyakini bahwa undangan digital itu sangat penting, Saya ini orang yang hidupnya banyak merantau, sehingga teman di kampung halaman hanya teman SD saja. SMP & SMA saya mulai sekolah dan tinggal di pondok pesantren. Kursus di Pare - Jawa Timur, Kuliah di Jakarta. Semuanya beda-beda kota. Bisa dibayangkan bagaimana cara saya menyampaikan undangan cetak kepada mereka satu persatu? Mungkin kalau saat ini jasa pengiriman udah banyak banget. Kita sangat dimudahkan untuk mengirim barang. Tapi serius bakal ngabisin uang hanya untuk biaya kirimnya saja πŸ˜„ sayang bangeeeet uangnya mending buat biaya lainnya kan πŸ˜„ Bagi saya pribadi sebagai anak desain, rasanya terintimidasi kalau undangan nggak bisa sebaik gambar olshop. Sekarang gambar olshop bagus-bagus banget. Jadi saya pikir minimal undangan saya format jpg yang jalas dan enak dibaca gitu. Nah, masal

Siapa sajakah yang perlu kita beri undangan? Memberikan undangan nama lain berbagi kabar

Memberikan undangan kepada orang lain itu gampang-gampang susah. Apalagi teman yang jauh. jauh karena jarak, jauh karena sudah lama dan jarang mengobrol lagi, jauh karena sudah jarang bertemu, dan jauh jauh lainnya... Sempat merenung dan bingung siapa saja yang akan saya undang? teman yang saat ini intens interaksi saja (dengan pertimbangan persentasi harapan kehadiran yang tinggi), atau mereka teman-teman lama yang dulu juga pernah intens berinteraksi (yang masih dipertanyak an kesediaan untuk kehadirannya)? Sampai akhirnya, saya menemukan jawaban... "Terpenting bukan kehadiran mereka saat acara, akan tetapi berbagi kabar bahagia dan didoakan mereka, semua itu sangat membahagiakan. saya membuang jauh harapan untuk kehadiran mereka. saya mengerti, didunia ini jarak akan selalu ada. saya menghubungi mereka untuk memotong jarak dan mengusik kecanggungan. kehadiran mereka adalah hadiah, juga seperti reuni. saya sadar, saya akan melihat dunia kecil disana, sebuah prose